Pimpinan Fakultas FKIP bersama dengan dosen, mahasiswa, alumni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Selasa, 07 Mei 2024 menerima visitasi asesor Akreditasi LAMDIK, Prof. Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum. dari Universitas Sanata Dharma dan Prof. Dr. Drs. Amaluddin, M.Hum. dari Universitas Muhammadiyah Pare-pare. Kegiatan Visitasi Lapangan berlangsung selama dua hari  07 Mei 2024 hingga 08 Mei 2024 yang bertempat di ruang VIP lantai 2 gedung Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pandidikan, dimana Kegiatan Visitasi ini dihadiri secara langsung oleh Dekan FKIP UNCEN Dr. Yan Dirk Wabiser, S.Pd., M.Hum., didampingi oleh Pembantu Dekan II Dr. Ewendi W. Mangolo, M.Kes., Pembantu Dekan III, Mayor M.H. Manurung, S.Pd., M.Pd., serta Dosen dan Staf Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Visitasi ini dalam rangka akreditasi Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan visitasi menjadi bagian penting untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik baik di Universitas/ fakultas maupun program studi agar lebih baik lagi. Hal tersebut dikemukakan Dekan FKIP Uncen saat menerima tim asesor LAMDIK  di Ruang VIP Gedung Dekanat  lantai 2. Kehadiran tim asesor ini tentu saja untuk mengecek, melihat keselarasan dan keseuaian antara data yang tertuang dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) yang sudah dikirimkan sebelumnya dengan kenyataan yang ada” ujar Dekan.

Sambungnya ” Dr. Yan Dirk Wabiser, S.Pd., M.Hum., dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan visitasi menyampaikan terima kasih kepada tim asesor yang berkenan hadir untuk melakukan penilaian kepada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dekan mengungkapkan, Jurusan Bahasa dan Sastra, baik Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia maupun Prodi Bahasa Inggris memiliki peminat yang luar biasa, Hal ini menjadi pemicu bagi Fakultas untuk meningkatkan Kapasitas Prodi maupun Jurusan. Sehingga dalam rangka peningkatan tersebut dilakukan penambahan jumlah Dosen, selain itu dilakukan juga  usaha Peningkatan jumlah Doktor maupun Guru Besar Pada Prodi.  Harapan Yan Dirk”  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mampu meningkatkan Mutu Pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNCEN, bahkan di Indonesia dan Tanah Papua.  Kegiatan asesmen diharapkan dapat berlangsung optimal sehingga dapat memberikan hasil yang memuaskan bagi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”Ungkapnya mengakhiri***

Di sisi lain, kedua asesor Prof. Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum. dan Prof. Dr. Drs Amaluddin, M.Hum. mengungkapkan, tujuan kedatangan asesor untuk memvalidasi data yang yang sudah tertulis di Laporan Evaluasi Diri Program Studi (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) yang telah disampaikan oleh Dekan FKIP sekaligus menambahkan hal-hal yang belum tertulis pada LED dan LKPS. “Kami berdua mohon maaf, jika dalam melakukan tugas harus masuk kemana-mana, masuk ke ruang-ruang kelas, masuk ke lab microteaching, masuk ke yang lain-lain.” ucap Prof. Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum.

Naskah : Rahmat/Foto : Fredi/Editor : Irja

 

Leave a Comment