Bulan Dies Universitas Cenderawasih ke 62 resmi dicanangkan dengan tema “Harmoni, Sosial, Budaya dan Ipteks Uncen menuju Badan Layanan Umum (BLU) unggul”. dan Sub tema ; “Kita Ciptakan Etos Kerja Tinggi melalui Kolaborasi Menuju PTN-BLU yang Maju dan Terdepan”.”. Acara tersebut diadakan pada hari Jumat, 27 September 2024 di halaman parkir Rektorat Universitas Cenderawasih Kampus Waena.

Pencanangan bulan dies ke-62 ini diawali dengan jalan santai berhadiah yang diikuti oleh rektor uncen Dr. Oscar Wambrauw, S.E., M,Sc.Agr.  Ketua Senat Universitas Cenderawasih  Prof. Dr. Baltazar Kambuaya,MBA,. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M Ayorbaba, Para Dekan dan Pembantu Dekan, serta Dosen, Staf, mahasiswa, pensiunan dan alumni dilingkungan Universitas Cenderawasih.

Setelah jalan santai, peserta melakukan senam bersama. Kemudian, Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Yan Dirk Wabiser, S.Pd.,M.Hum,. memberikan kupon undian untuk hadiah hiburan dan hadiah utama. Selanjutnya Beberapa pejabat juga berkesempatan untuk memberikan hadiah tambahan kepada peserta.

Dr. Alfred Alfonso Antoh, S.Hut.,M.Si. selaku sekertaris Panitia Dies Natalis Uncen ”mengatakan bahwa Uncen didirikan oleh Presiden Soekarno pada 31 Desember 1962, menunjukkan niat pemerintah untuk membangun lembaga pendidikan tinggi negeri pertama di Papua.

sambungnya ”Universitas Cenderawasih memiliki 9 fakultas dan 1 Program Pascasarjana. Sejak berdirinya Uncen sampai saat ini telah memiliki alumni yang berkiprah di berbagai sektor pemerintahan, swasta, kementerian, dan lembaga hingga menjadi akademisi. Harapan Alfred Dengan adanya acara Dies natalis ini semoga dapat memberikan kontribusi besar serta menjadi momen menghimpun alumni dan pensiunan dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan Universitas Cenderawasih kedepannya”ungkapnya.

Anthonius M Ayorbab sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua mengatakan” tetap terus mendukung kemajuan Universitas Cenderawasih dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan menempatkan visi misi Universitas Cenderawasih sebagai PTN-BLU. Anthonius berharap Universitas Cenderawasih dapat memiliki sentra kekayaan intelektual, apa yang telah dihasilkan oleh akademisi dalam melakukan publikasi karya ilmiah dengan adanya keterlibatan mahasiswa melakukan penelitian yang berdampak pada masyarakat sehingga dapat meningkatkan akreditasi yang unggul di berbagai Program Studi kedepannya.

Dr. Yan Dirk Wabiser, S.Pd.,M.Hum. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana Dies Natalis Uncen ke-62, meminta semua keluarga Uncen untuk mendukung akreditasi program studi agar dapat meningkatkan akreditasi lembaga. Yan Dirk menyatakan juga bahwa Semua ini memerlukan dedikasi dan komitmen bersama untuk membuat Uncen ini maju dan berkembang di dunia pendidikan menuju perubahan yang lebih baik”Ungkapnya.

Rektor Uncen Dr. Oscar Wambrauw, S.E., M,Sc.Agr.”menyampaikan bahwa  pencapaiani usia 62 tahun Uncen pada 10 November 2024, patut kita semua harus bersyukur atas kontribusi dan berbagai pencapaian yang telah kita capai hingga saat ini. Meskipun ada tantangan yang harus dihadapi, dimana perkembangan status perguruan tinggi negeri-badan layanan umum (PTN-BLU) memerlukan persiapan yang sangat panjang untuk menuntut kita meningkatkan pelayan pendidikan tinggi di Universitas Cenderawasih kedepannya.

Menurut Prof. Baltazar Kambuaya,MBA. selaku Ketua Senat Universitas Cenderawasih, momentum ini berasal dari evaluasi program Universitas Cenderawasih karena persaingan di dunia pendidikan bergantung pada kualitas, yang memastikan bahwa lembaga ini berbeda dari yang lain. Harapan Baltazar bahwa apa yang membedakan kita dari yang lain adalah tidak kalah bersaing, kepastian yang kita lakukan adalah berkualitas dalam lembaga ini dan membuat lembaga ini tetap unggul dan menjadi terkemuka dengan menghasilkan karya ilmiah yang membuat Universitas ini berbeda, dan itu merupakan tanggung jawab kita semuanya ”Tegasnya***

Pada acara pencanangan ini, panitia juga memberikan pelayanan gratis pemeriksaan kesehatan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih. Selian itu ada juga beberapa lomba yang dilakukan di tingkat fakultas.

Naskah&foto; Irja

Leave a Comment