Jayapura, 18 Juli 2024 menjadi salah satu momen penting bagi 328 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih yang telah di Yudisiumkan tepatnya pada hari kamis 18 Juli 2024. Acara yudisium berlangsung di auditorium FKIP Uncen. Dr. Yan Dirk Wabiser, S.Pd., M.Hum. selaku Dekan FKIP UNCEN Secara resmi membuka Acara tersebut yang didampingi oleh Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II, serta Para Dewan Guru Besar FKIP UNCEN, Para Ketua Jurusan dan Ketua Prodi di lingkungan FKIP UNCEN dan Ketua Unit PPL.

Ruangan Aula FKIP seolah menjadi saksi bisu bagi mahasiswa peserta Yudisium gelombang II FKIP UNCEN dalam menyambut fase baru kehidupan mereka selama dikampus biru. Acara yang paling dinantikan oleh setiap mahasiswa tersebut dipandu oleh Theresela Selvi Tri H., S.IP., M.Pd. dan Drs. Frans Deminggus, M.Si.  Lagu Indonesia Raya diputar sebagai penanda dimulainya, semakin menambah semangat dan kekhusyukan para peserta Yudisium.

Dr. Yan Dirk Wabiser, S.Pd., M.Hum. selaku Dekan FKIP UNCEN, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yudisium yang telah menyelesaikan studi sampai titik ini. Beliau juga memuji peserta yudisium yang telah memberikan inspirasi, serta peserta yudisium yang berasal dari kalangan umur yang berbeda-beda. Turut hadir diantara para peserta yudisium mulai dari Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah PAUD guru SD, Guru SD, Staf Kedinasan bahkan salah satu peserta yang merupakan Staf Kepegawaian FKIP UNCEN. Salah satu peserta yudisium yang merupakan  peserta tertua yang berhasil menyelesaikan perkuliahan sebagai sarjana untuk memotivasi anak dan cucunya untuk terus menuntut ilmu. “Sukses selalu untuk Bapak dan Ibu. Salam hormat untuk keluarga dan pasangan yang telah mendukung saudara hingga saat ini. Tuhan sayang, Tuhan jaga, dan Tuhan berikan kesehatan untuk kita semua.”ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian SK yudisium oleh Dekan dengan diwakili Ketua Jurusan dan Ketua Prodi kepada masing-masing peserta yudisium sebagai tanda telah berhasil menyelesaikan masa studi mereka. SK yudisium dengan Nomor 491/UN20.1.1/PP/2024 dengan tanggal surat 18 Juli 2024 menyatakan peserta yudisum sebanyak 328 orang, dengan pembagian 231 mahasiswa S1 dan 97 Mahasiswa S2. Berdasarkan SK tersebut dinyatakan peserta yudisium dari jenjang S1 dari Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 14 mahasiswa dengan 4 mahasiswa mendapat predikat Cumlaude, Program Studi Bahasa Inggris sebanyak 4 mahasiswa, Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 5 mahasiswa, Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 23 dengan 12 mahasiswa mendapat predikat Cumlaude, Program Studi Pendidikan Kimia sebanyak 5 Mahasiswa, Program Studi Pendidikan Fisika sebanyak 14 mahasiswa dengan 7 mahasiswa mendapat predikat Cumlaude, Program Studi Pendidikan Sejarah sebanyak 7 mahasiswa, Program Studi Pendidikan Geografi sebanyak 17 Mahasiswa, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebanyak 24 mahasiswa dengan 5 mahasiswa mendapat predikat Cumlaude, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi sebanyak 25 mahasiswa dengan 1 mahasiswa mendapat predikat cumlaude, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 81 mahasiswa dengan 31 mahasiswa mendapat predikat cumlaude, Program Studi Pendidikan Guru PAUD sebanyak 9 mahasiswa dengan 2 mahasiswa mendapat predikat cumlaude, dan Program Studi Manajemen Pendidikan sebanyak 4 mahasiswa. Secara keseluruhan pada jenjang Sarjana sebanyak 62 mahasiswa lulus dengan mendapat predikat cumlaude dan nilai tertinggi dicapai oleh Alfisyahr Silvandani Indraswari dari Program Studi Pendidikan Fisika dengan IPK 3,91.

Sementara itu pada jenjang studi S2 dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebanyak 3 mahasiswa, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 5 orang dengan 2 mahasiswa mendapat predikat cumlaude, Program Studi Pendidikan IPA sebanyak 11 mahasiswa dengan 7 mahasiswa mendapat predikat cumlaude, Program Studi Pendidikan Matematika 11 mahasiswa dengan 5 mahasiswa mendapat predikat cumlaude, Program Studi Manajemen Pendidikan 16 mahasiswa dengan 1 mahasiswa mendapat predikat cumlaude,  dan Program Studi Pendidikan Dasar sebanyak 51 mahasiswa dengan 12 mahasiswa mendapat predikat cumlaude. Secara keseluruhan pada jenjang Magister sebanyak 27 mahasiswa lulus dengan mendapat predikat cumlaude dan lulusan terbaik dicapai oleh Anita Baru dan Megawati dari Program Studi Pendidikan Dasar dengan IPK 3,90.

Miskey Nataliska Weyrap mewakili suara seluruh peserta yudisium mengatakan ” Bahwa Ilmu yang telah kami terima selama ini, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan bisa kami sebarkan. Sehingga bisa menjadi alam jariyah yang berkelanjutan. Teruntuk semua rekan- rekan seperjuangan, mari kita tunjukan kualitas dari lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih, berikan usaha terbaik kita, pelihara rasa harus akan pengetahuan, angkat potensi diri terbaik kita, dan buktikan kita bisa jadi lebih baik dibandingkan lulusan dari kampus manapun. tidak lupa juga Miskey mengucapkan terima kasih kepada Para Bapak/Ibu Dosen atas bimbingan dan bantuan selama kami menempuh pendidikan di Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas cenderawasih. ” tuturnya mengakhiri ***

Acara yudisium diakhiri dengan menyanyikan lagu Hymne Guru oleh seluruh peserta yudisium dan foto bersama seluruh peserta yudisium dengan Pimpinan Fakultas yang hadir.

Naskah:Rahmat/Editor&foto: Irja

Leave a Comment