Program Studi Pendidikan Sejarah Raih Juara II Lomba Berdramatisasi Cerita Rakyat “Manarmakeri” Dalam Rangka Peringatan Dies Natalis ke-62 Universitas Cenderawasih

Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Cenderawasih. Jumat, 8 November 2024, tim mahasiswa Pendidikan Sejarah berhasil meraih juara II dalam lomba berdramatisasi cerita rakyat “Manarmakeri,” sebuah acara yang digelar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-62 Universitas Cenderawasih.

Acara lomba yang berlangsung meriah ini diikuti oleh berbagai program studi di lingkungan Universitas Cenderawasih. Setiap tim menampilkan kreativitas mereka dalam membawakan cerita rakyat Papua dengan dramatisasi yang memukau. Program Studi Pendidikan Sejarah tampil mengesankan dengan penghayatan dan penggarapan cerita “Manarmakeri” yang penuh makna, mengisahkan legenda tentang asal usul Pulau Irian.

Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, Dr. La Ode Hasirun, M. Hum menyatakan rasa syukur dan kebanggaannya atas pencapaian ini. “Kemenangan ini bukan hanya milik kami Prodi Pendidikan Sejarah, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan terhadap warisan budaya Papua yang kaya dan sarat nilai,” ujarnya.

Ketua dewan Juri dalam lomba dramatisasi cerita rakyat Tanah Papua, Prof. Dr. Raimondus Fatubun, M. A, turut memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para pemenang. Beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan semangat yang ditunjukkan oleh para mahasiswa dalam mengangkat cerita rakyat sebagai bentuk pelestarian budaya.

Lomba berdramatisasi cerita rakyat “Manarmakeri” merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis Universitas Cenderawasih yang ke-62. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar civitas akademika sekaligus mempromosikan budaya lokal Papua. Dengan prestasi ini, Program Studi Pendidikan Sejarah berharap dapat terus berpartisipasi aktif dalam kegiatan serupa dan berkontribusi dalam pelestarian kebudayaan Nusantara, khususnya budaya Papua.

Naskah: Megiridha Loppies/ Editor: Kulyasin

Leave a Comment