PkM BIMA 2025: Peningkatan Penalaran Spasial Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Pendekatan Deep Learning Kepada Guru di SD Negeri Inpres Skouw Mabo
PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Judul : Peningkatan Penalaran Spasial Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Pendekatan Deep Learning Kepada Guru di SD Negeri Inpres Skouw Mabo
Skema : Pemberdayaan Berbasis Masyarakat
TIM PkM – Universitas Cenderawasih
Ketua TIM
Ketua TIM Â Â Â Â Â Â : Sukmawati, M.Pd
NIDNÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 0007129601
Alamat surel (e-mail): sukmawati@fkip.uncen.ac.id
Anggota Dosen (1)
Ketua TIM Â Â Â Â Â Â : Siti Hajar, M.Pd.
NIDNÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 0025069104
Anggota Dosen (2)
Ketua TIM Â Â Â Â Â Â : Chelsi Yuliana S., M.Pd.
NIDNÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 0011079206
Anggota Mahasiswa (1)
Ketua TIM Â Â Â Â Â Â : Siti Mudrika Walkaromah
NIDNÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 2022011134011
Anggota Mahasiswa (2)
Ketua TIM Â Â Â Â Â Â : Evi Shafri Mustika Nebo
NIDNÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 2022011134071
SD Negeri Inpres Skouw Mabo menghadapi tantangan dalam pemanfaatan media pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya literasi spasial dan matematika siswa. Â Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), tim dosen Universitas Cenderawasih melakukan pendampingan kepada guru dengan tujuan:
- Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran inovatif.
- Mengembangkan media puzzle bangun datar berbasis pendekatan Deep Learning.
- Meningkatkan literasi spasial dan matematika siswa melalui pembelajaran yang lebih interaktif.
Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan nyata pada keterampilan guru dalam membuat media ajar, memahami konsep Deep Learning, serta mengintegrasikan kreativitas dalam pembelajaran. Media puzzle yang dihasilkan tidak hanya bermanfaat untuk matematika, tetapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.
Dengan adanya PKM ini, pembelajaran di SD Negeri Inpres Skouw Mabo menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan interaktif, sekaligus mendorong peningkatan literasi spasial dan matematika siswa.
