Pengabdian Kepada Masyarakat BIMA 2025 ”Inovasi Pembelajaran Interaktif: Peningkatan Literasi Digital dan Pemanfaatan Konsep IPAS Melalui Pelatihan Wordwall di SD Negeri Inpres Arso VI”
Judul Kegiatan PKM BIMA 2025 yaitu ”Inovasi Pembelajaran Interaktif: Peningkatan Literasi Digital dan Pemanfaatan Konsep IPAS Melalui Pelatihan Wordwall di SD Negeri Inpres Arso VI”.
Skema : Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat
Tim PKM Universitas Cenderawasih
Ketua TIM
Nama Lengkap : Tiffany Shahnaz Rusli, M.Pd
NIDN : 0002069503
Anggota Dosen (1)
Nama Lengkap : Kulyasin, S.Pd., M.Pd
NIDN : 0024039207
Anggota Dosen (2)
Nama Lengkap : Ria Ristiani, M.Pd
NIDN : 0010128910
Anggota Mahasiswa (1)
Nama Lengkap : Muhammad Akbar Mandala Putra
NIM : 2024011134093
Anggota Mahasiswa (2)
Nama Lengkap : Abiut Jhoni Smas
NIM : 2024011134080
Anggota Mahasiswa (3)
Nama Lengkap : Suci Sugiana
NIM : 2024011134102
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar, khususnya dalam literasi digital dan pemahaman konsep sains, tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) melaksanakan kegiatan bertajuk “Inovasi Pembelajaran Interaktif: Peningkatan Literasi Digital dan Pemahaman Konsep Sains Melalui Pelatihan Wordwall di SD Negeri Inpres Arso VI”. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dalam mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan sekolah dasar.
Tujuan utama kegiatan ini adalah:
- Meningkatkan literasi digital siswa kelas IV SD Negeri Inpres Arso VI.
- Memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar dalam mata pelajaran sains melalui media interaktif.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui pelatihan penggunaan media Wordwall, sebuah platform pembelajaran digital yang memungkinkan siswa belajar secara aktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung, sehingga siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengoperasikan media secara mandiri.
Hasil dan capaian kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu menggunakan Wordwall dengan baik dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam memahami materi sains. Produk luaran dari kegiatan ini meliputi artikel ilmiah sebagai dokumentasi akademik serta media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan secara berkelanjutan oleh guru dan siswa.
Manfaat kegiatan ini dirasakan langsung oleh siswa dan guru, terutama dalam hal:
- Peningkatan keterampilan digital siswa sejak dini.
- Pemahaman konsep sains yang lebih mendalam dan kontekstual.
Kegiatan ini didukung oleh dana hibah dari BIMA, yang memungkinkan pelaksanaan program secara optimal. Dokumentasi kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari siswa dan guru, serta potensi besar untuk replikasi di sekolah lain.
