Jayapura, 12–13 September 2025 – Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih (UNCEN) melaksanakan asesmen lapangan (AL) akreditasi yang difasilitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan tim asesor, yakni Prof. H. Nur Kholis, M.Ed.Admin., Ph.D. dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan Dr. Drs. Ansar, M.Si. dari Universitas Negeri Malang. Kehadiran keduanya bertujuan menilai secara langsung berbagai aspek akademik maupun non-akademik, mulai dari kurikulum, kualitas dosen, fasilitas pendukung, hingga tata kelola program studi.
Dalam sambutannya, Prof. Nur Kholis menekankan bahwa asesmen lapangan bukanlah proses “judge and punish”, melainkan bentuk evaluasi bersama untuk peningkatan kualitas berkelanjutan. “AL ini hanya pengingat bahwa kita memiliki institusi yang harus ditingkatkan dari tahun ke tahun agar semakin baik dan memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu, Dr. Ansar menambahkan bahwa asesmen difokuskan pada perbaikan data dan dokumen LED yang telah diajukan. “AL ini hanya untuk memastikan data valid, jadi apabila ada hal yang perlu diperbaiki, mari kita lakukan bersama-sama,” jelasnya.
Acara turut dihadiri Ketua LPPM UNCEN, Prof. Dr. Happy Lumbantobing, M.Si., yang hadir mewakili Rektor UNCEN. Ia menegaskan bahwa capaian akreditasi unggul sangat penting bagi pengembangan institusi. “UNCEN sebagai perguruan tinggi pertama di Tanah Papua telah banyak berkontribusi dalam pembangunan SDM, terbukti dari banyaknya lulusan yang menjadi pemimpin di tingkat daerah maupun nasional. Harapannya, Prodi MMP dapat meraih hasil terbaik,” ungkapnya.
Dekan FKIP UNCEN, Dr. Yan Dirk Wabiser, S.Pd., M.Hum., juga menyampaikan komitmen fakultas dalam mendukung asesmen ini. “Kami senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan kami, serta menghargai kepercayaan masyarakat dan para guru yang memilih melanjutkan studi di FKIP UNCEN,” tuturnya.
Selama asesmen, tim pengelola program studi, dosen, dan tenaga kependidikan secara aktif memaparkan capaian serta inovasi yang telah dilakukan. Suasana dialogis dan konstruktif mewarnai jalannya kegiatan, mencerminkan semangat untuk terus memperkuat mutu pendidikan.
Dengan terlaksananya asesmen ini, diharapkan Prodi Magister Manajemen Pendidikan FKIP UNCEN dapat memperoleh hasil akreditasi optimal, sekaligus berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.